PROGRAM
KERJA OSIS SMA NEGERI 1 BERMANI ULU
MASA BAKTI
2013/2014
Jalan
Raya Desa Sentral Baru, Kode Pos 39152
KATA
PENGANTAR
Puji syukur yang mendalam hanya patut
kiranya kami haturkan atas segala limpahan karunia dan rahmat-Nya yang selalu
menyertai kami dalam menyelasaikan penyusunan program kerja OSIS SMA Negeri 1
Bermani Ulu Masa Bakti 2013/2014 ini sebagai acuan dasar pelaksanaan kegiatan
siswa dalam lingkungan sekolah.
Program kerja ini disusun untuk
mempermudah dalam pelaksanaan kegiatan berdasarkan kerangka prioritas, waktu
dan dana tertentu untuk mencapai peranan organisasi sebagai wadah seluruh
kegiatan siswa dalam sekolah dan sebagai motivator yang bersifat preventif.
Kami selaku pengurus OSIS menyadari bahwa belum semua aspirasi siswa tertampung
dalam program kerja ini. Oleh karena itu, program kerja ini masih jauh dari
kesempurnaan sehingga sumbangan pemikiran baik kritik maupun saran yang
bersifat membangun sangat kami harapkan demi kesempurnaan di masa mendatang.
Akhirnya, kami sampaikan terima kasih
atas bantuan dan dukungan dari semua pihak, baik fisik maupun moral dalam penyusunan
program kerja ini. Semoga program kerja ini dapat membawa manfaat dalam
pengembangan dan peningkatan mutu kegiatan siswa di SMA Negeri 1 Bermanu Ulu
ini.
Bermani
Ulu, November 2013
Ketua
Tim Penyusun
Aji
Ridho Pangestu
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
LATAR
BELAKANG
Sebelum terbentuknya OSIS di
sekolah-sekolah tingkat SMP dan SMA terdapat organisasi siswa yang
beranekaragam bentuknya baik intern maupun ekstern. Organisasi di sekolah yang
bersifat ekstern bisa mengarah kepada hal-hal yang bersifat politif sehingga
timbulah situasi yang tidak menguntungkan sebagai tempat diselenggarakannya
proses belajar mengajar. Akibat dari situasi tersebut, timbulah loyalitas
ganda. Di satu pihak harus melaksanakan peraturan yang dibuat oleh sekolah, di
lain pihak harus tunduk kepada organisasi yang di kendalikan dari luar.
Itulah sebabnya pada tahun 1970 sampai dengan tahun 1972 beberapa pimpinan organisasi di Jakarta yang sadar akan maksud dan tujuan belajar di sekolah, ingin menghindari bahaya perpecahan diantara para siswa. Mereka sepakat merintis dan mendirikan Organisasi Siswa Intra Sekolah yang sah di sekolah masing-masing. Setelah mendapat pengarahan dari pimpinan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan hingga terlaksana sampai sekarang. Pelaksanaan kegiatan OSIS harus berpedoman pada program kerja OSIS dan AD/ART OSIS. Dalam elaksanaannya tersebut juga diperlukan organisasi serta kerjasama yang mantap, untuk mewujudkan menjadi cita-cita dan tujuan serta sasaran OSIS sebagai wadah, motivator, dan preventif sekolah. Untuk mewujudkan koordinasi dan kerjasama yang mantap terutama bagi pihak yang terkait, maka diperlukan suatu hubungan yang baik. Mulai dari perencanaan pengorganisasian, pelaksanaan, pengendalian, pertanggungjawaban serta pengembangan kegiatan. Selanjutnya program kerja disusun berdasarkan aspirasi siswa secara demokratis.
Dalam program kerja tersebut
digambarkan, diuraikan, dan diinterprestasikan dalam segala bentuk kegiatan
OSIS. Selain program kerja digunakan sebagai pedoman OSIS, juga dapat digunakan sebagai tolok ukur dalam proses
kegiatan mulai dari perencanaan sampai pertanggungjawaban dan dipergunakan
sebagai pengambilan kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan.
B.
LANDASAN
HUKUM
Penyusunan program kerja OSIS SMAN 1
Bermani Ulu Masa Bakti 2013/2014 memiliki landasan sebagai berikut :
1.
Landasan Idiil : Pancasila
2.
Landasan Konstitusional : UUD 1945
3.
Landasan Operasional :
a.
AD/ART OSIS
Dasar Hukum dalam penyusunan program
kerja OSIS SMAN 1 Bermani Ulu Masa Bakti 2013/2014 adalah :
1.
TAP MPR No. II/MPR/1993
2.
TAP MPR No. XX/MPR/2003
3.
UU RI No. 2/1989 Tentang Sistem
Pendidikan Nasional
4.
Peraturan Pemerintah RI Nomor 29/1990
Tentang Pendidikan Menengah
5.
Keputusan Mendikbud RI Nomor 0461/u/1984
Tentang Pembinaan Kesiswaan
C. Tujuan
1.
Mengembangkan seluruh potensi siswa secara maksimal,
baik potensi akademik maupun non akademik.
- Menyiapakan warga negara menuju masyarakat belajar yang cerdas dan memahami nilai-nilai masyarakat yang beradab.
- Menemukan dan memunculkan potensi-potensi yang ada pada diri siswa sehingga timbul kecakapan hdup (life skiill) yang bermanfaat bagi dirinya dan masyarakat.
- Memberikan kemampuan minimal untuk melanjutkan ke perguruan tinggi dan hidup bermasyarakat
- Menumbuhkan daya tangkal pada diri siswa terhadap pengaruh negatif yang datang dari luar maupun dari dalam lingkungan sekolah
- Meningkatkan kemampuan siswa sebagai anggota masyarakat dalam mengadakan hubungan timbal balik dengan lingkungan sosial, budaya dan alam sekitar.
- Meningkatan apresiasi dan penghayatan seni.
- Menumbuhkan sikap berbangsa dan bernegara dengan berdasarkan Pancasila.
- meningkatkan kesegaran jasmani dan daya kreasi siswa untuk memantapkan keseimbangan antara pertumbuhan jasmani dan rohani.
D. SASARAN
PEMBINAAN
Sasaran Pembinaan adalah :
Upaya pemberdayaan potensi diri siswa kelas X, XI dan XII SMA
Negeri 1 Bermani Ulu pada tahun 2013/2014.
E. HASIL
YANG DIHARAPKAN
1.
Mampu melahirkan SDM yang memiliki keimanan, ketaqwaan, berkualitas,
kompetitif, berdedikasi, mandiri dan profesional.
2.
Mampu meningkatkan prestasi siswa sesuai bakat dan minat siswa
3.
Mampu meningkatkan pelayanan pendidikan kepada siswa melalui jalur
pembinaan penyelamatan siswa dari bahaya perilaku menyimpang di kalangan siswa
dan jalur pemberdayaan potensi diri.
BAB II
URAIAN DAN MEKANISME PEMBINAAN
KESISWAAN
A. PROGRAM
PEMBINAAN OSIS
1.
Pengertian
Satu-satunya wadah organisasi siswa di sekolah untuk
mencapai tujuan pembinaan dan pengembangan kesiswaan adalah Organisasi Intra
Sekolah disingkat OSIS. OSIS bersifat intra sekolah, artinya tidak ada hubungan
organisatoris dengan OSIS di sekolah lain, dan tidak menjadi Bagian dari
organisasi lain yang ada di luar sekolah. Karena OSIS merupakan wadah
organisasi siswa di sekolah. Oleh karena itu setiap siswa secara otomatis
menjadi anggota OSIS. Keanggotaan itu secara otomatis berakhir dengan keluarnya
siswa dari sekolah yang bersangkutan.
2.
Tujuan
Organisasi ini bertujuan mempersiapkan siswa sebagai
kader penerus cita-cita perjuangan bangsa dan sumber insani pembangunan
nasional, untuk :
a.
Mengembangkan potensi siswa secara optimal dan terpadu yg meliputi bakat,
minat, dan kreativitas;
b.
Memantapkan kepribadian siswa untuk mewujudkan ketahanan sekolah sebagai
lingkungan pendidikan sehingga terhindar dariusaha dan pengaruh negatif dan
bertentangan dengan tujuan pendidikan;
c.
Mengaktualisasikan potensi siswa dalam pencapaian prestasi unggulan
sesuai bakat dan minat;
d.
Menyiapkan siswa agar menjadi warga masyarakat yang berakhlak mulia,
demokratis, menghormati hak-hak asasi manusia dalam rangka mewujudkan
masyarakat madani (civil society).
(Permendiknas No 39 Tahun 2008, Bab I pasal 1)
3.
Materi Pembinaan
Materi pembinaan kesiswaan (OSIS) mencakup :
a.
Pembinaan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan yang Maha Esa (ibadah,
peringatan hari besar, amaliah, hub. Antar umat, lomba nuansa agama, kegiatan
keagamaan)
b.
Pembinaan Budi Pekerti Luhur atau Akhlak Mulia (tata tertib & kultur
sekolah, gotong royong, tata pergaulan, rela berkorban, hormat/menghargai, 9K)
c.
Pembinaan Kepribadian Unggul, wawasan kebangsaan, dan bela Negara
(Upacara, lomba TUB, lagu wajib, PS, Pramuka, bela negara)
d.
Pembinaan Prestasi akademik,seni, dan/atau olahraga sesuai bakat dan
minat (OSN, KIR, penyuluhan narkoba, pentas seni, mading, membentuk klub sains,
Seni & OR, menyelenggarakan festival, dll)
e.
Pembinaan Demokrasi, hak asasi manusia, pendidikan politik, lingkungan
hidup,kepekaan dan toleransi sosial dalam konteks masyarakat plural. (pemilihan
pengurus OSIS/MPK, mengadakan LDK, pelaksanaan MOS)
f.
Pembinaan kreativitas, keterampilan dan kewirausahaan (pelatihan MC,
broadcasting, jurnalistik)
g.
Pembinaan kualitas jasmani, kesehatan dan gizi berbasis sumber gizi yang
terdiversivikasi. (Kantin bersih dan sehat, pemberantasan sarang nyamuk,
penyuluhan bahaya narkoba, lomba poster anti narkoba)
h.
Sastra dan budaya (kegiatan bulan bahasa, theater, lomba baca
puisi/cerpen, pelatihan webblog)
i.
Pembinaan teknologi dan informatika / TIK (lomba design weblog, lomba
weblog budaya, musik, game online)
j.
Pembinaan komunikasi dalam bahasa Inggris (lomba
debat/pidato/korespondensi/menulis cerita dalam bahasa Inggris)
4.
Perangkat OSIS
Perangkat OSIS terdiri dari :
a.
Pembina OSIS
b.
Perwakilan kelas
c.
Pengurus OSIS
d. Anggota OSIS
1) Anggota OSIS secara
otomatis adalah siswa yang masih aktif belajar pada sekolah yang bersangkutan
2) Anggota OSIS tidak
memerlukan kartu anggota
3) Keanggotan berakhir
apabila siswa yang bersangklutan tidak menjadi siswa lagi di sekolah tersebut,
ata meninggal dunia
4) Setiap anggota
mempunyai hak : mendapat perlakuan yang sama sesuai bakat, minat dan kemampuannya
5) memilih dan dipilih
sebagai perwakilan kelas atau pengurus.
6) Bicara secara lisan
maupun tertulis.
5.
Syarat Pengurus OSIS
a.
Takwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa
b.
Mermiliki budi pekerti luhur dan sopan santun terhadap orang tua, guru,
dan teman
c.
Memiliki bakat sebagai pemimpin siswa
d.
Memiliki kemauan, kemampuan, dan pengetahuan yang memadai
e.
Dapat mengatur waktu dengan sebaik-baiknya,sehingga pelajarannnya tidak
terganggu karena menjadi pengurus OSIS
f.
Pengurus dicalonkan oleh perwakilan kelas
g.
Khusus untuk ketua OSIS , ditambah persyaratan :
h.
Mempunyai kemampuan berpikir yang jernih
i.
Memiliki wawasan mengenai kondisi yang sedang dihadapi bangsanya.
j.
Tidak duduk di kelas terakhir, karena akan menghadapi ujian Nasional.
GARIS-GARIS
BESAR FUNGSIONARIS, DASAR POKOK KEGIATAN
OSIS
SMA
N 1 BERMANI ULU
MASA
BAKTI 2013/2014
Adapun dasar pokok kegiatan yang pengurus
OSIS adalah sebagai berikut :
1.
Ketua
a.
Berusaha memimpin
dan mengkoordinasi organisasi dengan baik dan benar.
b.
Memberikan keputusan
serta kebijaksanaan dalam penyelesaian suatu permasalahan dengan jalan
musyawarah dengan seluruh pengurus.
c.
Memperkuat
komunikasi dan informasi baik dengan pembina ataupun dengan para pengurus, demi
berjalannya semua program kerja yang sudah dirumuskan sebelumnya.
d.
Membuat laporan
pertanggung jawaban kerja setiap akhir bulan yang akan dikumpulkan pada akhir
tahun.
2.
Wakil Ketua 1 dan 2
a.
Menjalankan tugas
dengan penuh tanggung jawab dan konsekuen.
b.
Membantu Ketua dalam
memutuskan suatu kebijaksanaan dan keputusan yang berhubungan dengan
keorganisasian.
c.
Membuat laporan
pertanggung jawaban kerja setiap akhir bulan yang akan dikumpulkan pada akhir
tahun.
3.
Sekretaris 1 dan
Sekretaris 2
a.
Membantu serta
memberikan dukungan motivasi kepada ketua dan wakil dalam pelaksanaan tugasnya
dengan cara memberikan masukan ide, gagasan serta saran yang membantu jalannya
tugas tersebut, khususnya yang berhubungan dengan bidang kesekretarisan.
b.
Mengumpulkan,
menyimpan, menyusun, dan mengetik program kerja setiap seksi bidang, proposal
kerja, laporan keuangan, dan laporan pertanggung jawaban OSIS di akhir tahun
nanti.
c.
Mengumpulkan,
menyimpan, serta mengamankan arsip dan data- data OSIS yang ada dengan baik dan
benar.
d.
Memiliki lemari arsip
dan seperangkat komputer agar dapat menjalankan tugas kesekretarisan dengan
baik dan benar.
e.
Bekerja sama dengan
bendahara khususnya dan tiap seksi bidang umumnya dalam penyusunan dan
pengetikan setiap laporan yang harus dibuat.
f.
Membuat laporan
pertanggung jawaban kerja setiap akhir bulan yang akan dikumpulkan pada akhir
tahun.
g.
Mendukung secara
penuh setiap program kerja dan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh OSIS.
4.
Bendahara 1 dan Bendahara
2
a.
Membantu dan
memberikan dukungan motivasi kepada ketua dan wakil dalam pelaksanaan tugasnya,
khususnya yang berhubungan dengan bidang keuangan.
b.
Menyusun semua
pengeluaran uang yang akan digunakan untuk keperluan OSIS dalam jangka satu
tahun dengan baik dan benar.
c.
Bekerja sama dengan
sekretaris dalam penyusunan proposal dan laporan keuangan OSIS.
d.
Bekerja sama pula
dengan setiap seksi bidang dalam pemenuhan dana untuk keperluan
kegiatan-kegiatan yang akan diselenggarakan oleh OSIS .
e.
Membuat laporan
pertanggung jawaban kerja setiap akhir bulan yang akan dikumpulkan pada akhir
tahun.
5.
Seksi Pembinaan keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa,
antara lain :
a.
Melaksanakan peribadatan sesuai dengan ketentuan agama masing-masing;
b.
Memperingati hari-hari besar keagamaan;
c.
Melaksanakan perbuatan amaliah sesuai dengan norma agama;
d.
Membina toleransi kehidupan antar umat beragama;
e.
Mengadakan kegiatan lomba yang bernuansa keagamaan;
f.
Mengembangkan dan memberdayakan kegiatan keagamaan di sekolah.
6.
Seksi Pembinaan budi pekerti luhur atau akhlak mulia, antara lain :
a.
Melaksanakan tata tertib dan kultur sekolah;
b.
Melaksanakan gotong royong dan kerja bakti (bakti sosial);
c.
Melaksanakan norma-norma yang berlaku dan tatakrama pergaulan;
d.
Menumbuhkembangkan kesadaran untuk rela berkorban terhadap sesama;
e.
Menumbuhkembangkan sikap hormat dan menghargai warga sekolah;
f.
Melaksanakan kegiatan 7K (Keamanan, kebersihan, ketertiban, keindahan,
kekeluargaan, kedamaian dan kerindangan).
7.
Seksi Pembinaan kepribadian unggul, wawasan kebangsaan, dan bela negara,
antara lain :
a.
Melaksanakan upacara bendera pada hari senin dan /atau hari sabtu, serta
hari-hari besar nasional;
b.
Menyanyikan lagu-lagu nasional (Mars dan Hymne);
c.
Melaksanakan kegiatan kepramukaan;
d.
Mengunjungi dan mempelajari tempat-tempat bernilai sejarah;
e.
Mempelajari dan meneruskan nilai-nilai luhur, kepeloporan, dan semangat
perjuangan para pahlawan;
f.
Melaksanakan kegiatan bela negara;
g.
Menjaga dan menghormati simbol-simbol dan lambang-lambang negara;
h.
Melakukan pertukaran siswa antar daerah dan antar negara.
8.
Seksi Pembinaan prestasi akademik, seni, dan/atau olahraga sesuai bakat
dan minat, antar lain :
a.
Mengadakan lomba mata pelajaran/program keahlian;
b.
Menyelenggarakan kegiatan ilmiah;
c.
Mengikuti kegiatan workshop, seminar, diskusi panel yang bernuansa ilmu
pengetahuan dan teknologi (iptek);
d.
Mengadakan studi banding dan kunjungan (studi wisata) ke tempat-tempat
sumber belajar;
e.
Mendesain dan memproduksi media pembelajaran;
f.
Mengadakan pameran karya inovatif dan hasil penelitian;
g.
Mengoptimalkan pemanfaatan perpustakaan sekolah;
h.
Membentuk klub sains, seni dan olahraga;
i.
Menyelenggarakan festival dan lomba seni;
j.
Menyelenggarakan lomba dan pertandingan olahraga.
9.
Seksi Pembinaan demokrasi, hak asasi manusia, pendidikan politik,
lingkungan hidup, kepekaan dan toleransi sosial dalam konteks masyarakat plural,
antara lain :
a.
Memantapkan dan mengembangkan peran siswa di dalam OSIS sesuai dengan
tugasnya masing-masing;
b.
Melaksanakan latihan kepemimpinan siswa;
c.
Melaksanakan kegiatan dengan prinsip kejujuran, transparan, dan
profesional;
d.
Melaksanakan kewajiban dan hak diri dan orang lain dalam pergaulan
masyarakat;
e.
Melaksanakan kegiatan kelompok belajar, diskusi, debat dan pidato;
f.
Melaksanakan kegiatan orientasi siswa baru yang bersifat akademik dan
pengenalan lingkungan tanpa kekerasan;
g.
Melaksanakan penghijauan dan perindangan lingkungan sekolah.
10.
Seksi Pembinaan kreativitas, keterampilan dan kewirausahaan, antara lain
:
a.
Meningkatkan kreativitas dan keterampilan dalam menciptakan suatu barang
menjadi lebih berguna;
b.
Meningkatkan kreativitas dan keterampilan di bidang barang dan jasa;
c.
Meningkatkan usaha koperasi siswa dan unit produkdsi;
d.
Melaksanakan praktek kerja nyata (PKN)/pengalaman kerja lapangan
(PKL)/praktek kerja industri (Prakerim);
e.
Meningkatkan kemampuan keterampilan siswa melalui sertifikasi kompetensi
siswa berkebutuhan khusus;
11.
Seksi Pembinaan kualitas jasmani, kesehatan dan gizi berbasis sumber gizi
yang terdiversifikasi antara lain :
a.
Melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat;
b.
Melaksanakan usaha kesehatan sekolah (UKS);
c.
Melaksanakan pencegahan penyalahgunaan narkotika, psikotropika, dan zat
adiktif (narkoba), minuman keras, merokok, dan HIV AIDS;
d.
Meningkatkan kesehatan reproduksi remaja;
e.
Melaksanakan hidup aktif;
f.
Melakukan diversifikasi pangan;
g.
Melaksanakan pengamanan jajan anak sekolah.
12.
Seksi Pembinaan sastra dan budaya, antara lain :
a.
Mengembangkan wawasan dan keterampilan siswa di bidang sastra;
b.
Menyelenggarakan festival/lomba, sastra dan budaya;
c.
Meningkatkan daya cipta sastra;
d.
Meningkatkan apresiasi budaya.
13.
Seksi Pembinaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), antara lain :
a.
Memanfaatkan TIK untuk memfasilitasi kegiatan pem-belajaran;
b.
Menjadikan TIK sebagai wahana kreativitas dan inovasi;
c.
Memanfaatkan TIK untuk meningkatkan integritas kebangsaan.
14.
Seksi Pembinaan komunikasi dalam bahasa Inggris, antara lain :
a.
Melaksanakan lomba debat dan pidato;
b.
Melaksanakan lomba menulis dan korespodensi;
c.
Melaksanakan kegiatan English Day;
d.
Melaksanakan kegiatan bercerita dalam bahasa Inggris (Story Telling);
e.
Melaksanakan lomba puzzles words/scrabble.
PROGRAM
KERJA SEKSI BIDANG OSIS
1.
Seksi Bidang Keimanan dan Ketaqwaan
terhadap Tuhan yang Maha Esa
a.
Melaksanakan peribadatan sesuai dengan
agamanya masing-masing.
b.
Memperingati hari-hari besar keagamaan,
dengan kegiatan lomba.
c.
Melaksanakan perbuatan amaliah sesuai
dengan norma agama.
d.
Melaksanakan dan meningkatkan kegiatan
pengajian dan sholat Jumat dan Zuhur bersama setiap dua mingu sekali pada hari
Jumat.
e.
Membentuk tim Nasyid dan Rebana.
f.
Melaksanakan kegiatan pesantran ramadhan
dan safari ramadhan.
g.
Meminta infak dan sodakoh secara
sukarela kepada siswa-siswi setiap satu atau dua minggu sekali.
h.
Melaksanakan sholat istighasah menjelang
UAS, dan UN.
2.
Bidang Kepribadian dan Budi Pekerti
Luhur
a. Melakukan kegiatan jaga siaga setiap Upacara Bendera
dan setiap terdapat acara-acara tertentu seperti, gerak jalan, ataupun
penanganan setiap terdapat siswa yang sakit di sekolah.
b. Berperan aktif dalam penertiban terhadap pelanggaran
atau tindakan-tindakan negatif yang dilakukan oleh siswa SMA Negeri 1 Bermani
Ulu.
c. Berupaya melaksanakan tata krama siswa dan menegur
siswa yang tidak bertata krama.
d. Mengadakan penertiban dalam berpakaian yang rutin
dilaksanakan setiap hari Senin, pada setiap upacara bendera.
e. Mengadakan Bakti Sosial setahun sekali.
f. Mengadakan Kerja Bakti di sekitar sekolah.
g. Memperingati hari guru dan hari anti korupsi.
h. Menjenguk teman yang sakit/meninggal.
i.
Memberikan
bantuan terhadap korban bencana alam.
j.
Mengadakan
lomba kebersihan dan kerapian kelas.
k. Mengadakan diskusi atau penyuluhan tentang kenakalan
remaja.
l.
Mengadakan
penyuluhan tentang narkoba.
m. Memeriksa kaos kaki, bad, dasi, sepatu, dan pakaian
siswa pada saat sebelum diadakan upacara bendera.
n. Menyalin catatan pelanggaran siswa ke dalam buku
muhasabah.
3.
Bidang Kepribadian Unggul, Wawasan dan
Bela Negara
a. Mengadakan Lomba Ketertiban antar kelas pada saat
Upacara.
b. Memperingati hari-hari besar nasional atau hari
bersejarah.
c. Mengharumkan nama sekolah baik dimata anggota
sekolah, masyarakat umum, maupun sekolah lain.
d. Menjaga keamanan sekolah, dan menjalankan tata
tertib yang telah berlaku atau diterapkan.
e. Mengadakan kegiatan lomba dalam memperingati
hari-hari besar. Seperti mengadakan lomba baris-berbaris, jalan sehat, balap
karung, dan lainnya untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia. (Bekerja
sama dengan seksi bidang ke- 4 dan 7).
f. Memilih siswa-siswi terapi, terdisiplin, dan
berprestasi.
g. Mengkoordinir pelaksanaan upacara pengibaran Bendera
setiap hari Senin di SMAN 1 Bermani Ulu.
h. Penempelan tata tertib sekolah serta Hak dan
Kewajiban siswa disetiap kelas di SMAN 1 Bermani Ulu.
i.
Melaksanakan
pengibaran bendera tanggal 17 Agustus 2012 oleh PASKIBRA SMAN 1 Bermani Ulu di
desa/kecamatan.
j.
Mengusahakan perbaikan peralatan upacara.
k. Mengadakan Upacara di hari-hari besar Nasional.
l.
Mengikuti
dan mengadakan Lomba Pramuka.
4.
Bidang Prestasi Akademik, Seni dan
Olahraga
a. Membuat pertamanan sekolah.
b. Membentuk tim SAINS dan SOSIAL SMA.
c. Mengadakan kegiatan penghisan kelas oleh anggota
kelasnya masing-masing.
d. Mengadakan kegiatan pertunjukan pentas seni hasil
karya siswa.
e. Mengikuti acara-acara dalam bidang seni yang
diselenggarakan oleh sekolah lain.
f. Mengikuti perlombaan yang berhubungan dengan seni
musik, seni tari, dan seni drama.
g. Pemberian materi(sosialisasi) tentang dasar tata
cara penulisan yang baik dan benar kepada siswa yang dapat diikuti oleh seluruh
siswa yang penyelenggaraannya setahun sekali.
5.
Bidang Demokrasi, HAM, Pendidikan
Politik, Lingkungan Hidup, Kepekaan, dan Toleransi Sosial Dalam Konteks
Masyarakat Plural
a. Mengadakan lomba pembuatan artikel dengan tema yang
telah ditentukan dalam rangka memperingati bulan Bahasa, di mana pemenang
artikel akan dimasukkan artikelnya di majalah sekolah.
b. Melakukan kegiatan-kegiatan penanaman pohon di area
sekolah maupun aktif dalam kegiatan penanaman pohon di dilakukan pemerintah.
- Melaksanakan kegiatan dengan prinsip kejujuran, transparan, dan profesional;
d. Mengadakan lomba-lomba kebersihan kelas dan
lomba-lomba kreasi lainnya yang terkait dengan lingkungan.
6.
Bidang Kreativitas, Keterampilan, dan Kewirausahaan
a. Membuat kreativitas dari alam yang memiliki nilai
ekonomis.
b. Pembuatan Kalender.
c. Pembuatan pin OSIS.
7.
Bidang Kualitas Jasmani, Kesehatan, dan
Gizi Terdiversifikasi
a. Melaksankan kegiatan senam jasmani atau jalan sehat
setiap dua minggu sekali yang akan diadakan pada hari Jumat.
b. Mengadakan penyuluhan gizi, dan kesehatan.
c. Mengadakan kegiatan lomba saat class meeting.
d. Lomba kebersihan antar kelas.
e. Lomba membuat Slogan Anti Narkoba.
f. Mengadakan pertandingan persahabatan dengan sekolah
lain.
g. Pemisahan dan daur ulang sampah kertas menjadi
barang yang bermanfaat dan berguna.
h. Membuat poster dan kording tentang
HIV/AIDS dan narkoba.
i.
Menyusun
artikel dan kliping tentang HIV/AIDS dan narkoba.
j.
Pembinaan
dan pelatihan kader pelaksana UKS.
k. Pelayanan dan
pembinaan UKS.
l.
Mengadakan
layanan konseling pada siswa.
m. Ceramah kesehatan
tentang jenis penyakit.
8.
Bidang Pemberdayaan Bahasa, Sastra, dan
Budaya
a. Membudayakan salam, sapa, senyum di lingkungan
sekolah.
- Menyisipkan lomba atau event yang berhubungan dengan budaya dan sastra pada setiap kegiatan sekolah.
- Mendukung program sekolah dalam menerbitkan majalah sekolah.
- Memperingati hari Kartini dengan kegiatan yang berhubungan dengan budaya dan sastra.
- Membudayakan dekorasi ruang kelas.
- Memperingati hari Batik Nasional.
- Mengadakan Lomba Bulan Bahasa
- Meningkatkan dan mengefisiensikan kegiatan ENGLISH DAY
- Mengadakan even Festival Drama.
- Lomba Puisi dan Tutur Cerita Rakyat.
9.
Bidang TIK
a.
Bekerjasama dengan Sekbid VI membuat Blog Koperasi Sekolah.
- Mencari bakat siswa/i dalam bidang ilmu teknologi.
- Memanfaatkan TIK untuk meningkatkan integritas kebangsaan.
d.
Mengelola blog OSIS dan jejaring sosial.
e.
Mengembangan pengetahuan dan kemampuan mengenai ilmu komputer.
10.
Bidang Komunikasi Dalam Bahasa Inggris
- English day and Appreciation for the Most Active Student in English day.
- Perlombaan Membuat Poster Berbahasa Inggris.
- Melaksanakan kegiatan berceritera dalam bahasa Inggris (Story Telling);
- English Debate.
- Mengarang dalam bahasa Inggris.
Rincian Tugas Pengurus OSIS
1.
Bertugas menyusun dan melaksanakan program kerja OSIS sesuai dengan AD
ART
2.
Menyampaikan laporan pertangungjawaban kepada rapat perwakilan kelas pada
akhir masa jabatannya.
3.
Bertanggung jawab langsung kepada perwakilan kelas dan pembina OSIS.
4.
Mempunyai masa kerja selama satu tahun pelajaran.
BAB III
PENUTUP
Demikian Program Kerja Pembinaan Kesiswaan yang merupakan upaya program
Pengembangan Potensi Diri Siswa di SMA NEGERI I Bermani Ulu tahun
pelajaran 2013/2014 dengan harapan dapat terlaksana sesuai dengan tujuan dan target
yang diharapkan.
Program Kerja ini tidak mungkin bisa terlaksana tanpa adanya dukungan
dari semua pihak. Oleh karena itu upaya pemahaman terhadap program kerja ini
dapat diupayakan secara maksimal demi terwujudnya Visi dan Misi SMA
NEGERI I Bermani Ulu.
Pembina OSIS
ALI IMRAN, SE
NIP. 19751120 200604 1 005
|
Ketua OSIS
Aji Ridho Pangestu
NISN.
9976278225
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
SMA NEGERI 1 BERMANI ULU
Pujihastuti, S.Pd
NIP. 19681207
199203 2 002
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar