Minggu, 06 Juli 2014

Program Kerja OSIS SMAN 1 BERMANI ULU Masa Bakti 2013-2014



PROGRAM KERJA OSIS SMA NEGERI 1 BERMANI ULU
MASA BAKTI 2013/2014
Jalan Raya Desa Sentral Baru, Kode Pos 39152

KATA PENGANTAR
Puji syukur yang mendalam hanya patut kiranya kami haturkan atas segala limpahan karunia dan rahmat-Nya yang selalu menyertai kami dalam menyelasaikan penyusunan program kerja OSIS SMA Negeri 1 Bermani Ulu Masa Bakti 2013/2014 ini sebagai acuan dasar pelaksanaan kegiatan siswa dalam lingkungan sekolah.
Program kerja ini disusun untuk mempermudah dalam pelaksanaan kegiatan berdasarkan kerangka prioritas, waktu dan dana tertentu untuk mencapai peranan organisasi sebagai wadah seluruh kegiatan siswa dalam sekolah dan sebagai motivator yang bersifat preventif. Kami selaku pengurus OSIS menyadari bahwa belum semua aspirasi siswa tertampung dalam program kerja ini. Oleh karena itu, program kerja ini masih jauh dari kesempurnaan sehingga sumbangan pemikiran baik kritik maupun saran yang bersifat membangun sangat kami harapkan demi kesempurnaan di masa mendatang.
Akhirnya, kami sampaikan terima kasih atas bantuan dan dukungan dari semua pihak, baik fisik maupun moral dalam penyusunan program kerja ini. Semoga program kerja ini dapat membawa manfaat dalam pengembangan dan peningkatan mutu kegiatan siswa di SMA Negeri 1 Bermanu Ulu ini.








                                                                                                                Bermani Ulu,   November 2013
                                                                                                                Ketua Tim Penyusun


                                                                                                                Aji Ridho Pangestu







BAB I
PENDAHULUAN

A.     LATAR BELAKANG
Sebelum terbentuknya OSIS di sekolah-sekolah tingkat SMP dan SMA terdapat organisasi siswa yang beranekaragam bentuknya baik intern maupun ekstern. Organisasi di sekolah yang bersifat ekstern bisa mengarah kepada hal-hal yang bersifat politif sehingga timbulah situasi yang tidak menguntungkan sebagai tempat diselenggarakannya proses belajar mengajar. Akibat dari situasi tersebut, timbulah loyalitas ganda. Di satu pihak harus melaksanakan peraturan yang dibuat oleh sekolah, di lain pihak harus tunduk kepada organisasi yang di kendalikan dari luar.

Itulah sebabnya pada tahun 1970 sampai dengan tahun 1972 beberapa pimpinan organisasi di Jakarta yang sadar akan maksud dan tujuan belajar di sekolah, ingin menghindari bahaya perpecahan diantara para siswa. Mereka sepakat merintis dan mendirikan Organisasi Siswa Intra Sekolah yang sah di sekolah masing-masing. Setelah mendapat pengarahan dari pimpinan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan hingga terlaksana sampai sekarang. Pelaksanaan kegiatan OSIS harus berpedoman pada program kerja OSIS dan AD/ART OSIS. Dalam  elaksanaannya tersebut juga diperlukan organisasi serta kerjasama yang mantap, untuk mewujudkan menjadi cita-cita dan tujuan serta sasaran OSIS sebagai wadah, motivator, dan preventif sekolah. Untuk mewujudkan koordinasi dan kerjasama yang mantap terutama bagi pihak yang terkait, maka diperlukan suatu hubungan yang baik. Mulai dari perencanaan pengorganisasian, pelaksanaan, pengendalian, pertanggungjawaban serta pengembangan kegiatan. Selanjutnya program kerja disusun berdasarkan aspirasi siswa secara demokratis.
Dalam program kerja tersebut digambarkan, diuraikan, dan diinterprestasikan dalam segala bentuk kegiatan OSIS. Selain program kerja digunakan sebagai pedoman OSIS, juga dapat  digunakan sebagai tolok ukur dalam proses kegiatan mulai dari perencanaan sampai pertanggungjawaban dan dipergunakan sebagai pengambilan kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan.
B.      LANDASAN HUKUM
Penyusunan program kerja OSIS SMAN 1 Bermani Ulu Masa Bakti 2013/2014 memiliki landasan sebagai berikut :
1.       Landasan Idiil                                     : Pancasila
2.       Landasan Konstitusional               : UUD 1945
3.       Landasan Operasional                    :
a.       AD/ART OSIS
Dasar Hukum dalam penyusunan program kerja OSIS SMAN 1 Bermani Ulu Masa Bakti 2013/2014 adalah :
1.       TAP MPR No. II/MPR/1993
2.       TAP MPR No. XX/MPR/2003
3.       UU RI No. 2/1989 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
4.       Peraturan Pemerintah RI Nomor 29/1990 Tentang Pendidikan Menengah
5.       Keputusan Mendikbud RI Nomor 0461/u/1984 Tentang Pembinaan Kesiswaan


C.      Tujuan
1.      Mengembangkan seluruh potensi siswa secara maksimal, baik potensi akademik maupun non akademik.
  1. Menyiapakan warga negara menuju masyarakat belajar yang cerdas dan memahami nilai-nilai masyarakat yang beradab.
  2. Menemukan dan memunculkan potensi-potensi yang ada pada diri siswa sehingga timbul kecakapan hdup (life skiill) yang bermanfaat bagi dirinya dan masyarakat.
  3. Memberikan kemampuan minimal untuk melanjutkan ke perguruan tinggi dan hidup bermasyarakat
  4. Menumbuhkan daya tangkal pada diri siswa terhadap pengaruh negatif yang datang dari luar maupun dari dalam lingkungan sekolah
  5. Meningkatkan kemampuan siswa sebagai anggota masyarakat dalam mengadakan hubungan timbal balik dengan lingkungan sosial, budaya dan alam sekitar.
  6. Meningkatan  apresiasi dan penghayatan seni.
  7. Menumbuhkan sikap berbangsa dan bernegara dengan berdasarkan Pancasila.
  8. meningkatkan kesegaran jasmani dan daya kreasi siswa untuk memantapkan keseimbangan antara pertumbuhan jasmani dan rohani.

D.     SASARAN PEMBINAAN
Sasaran Pembinaan adalah  :
Upaya pemberdayaan  potensi diri siswa kelas X, XI dan XII SMA Negeri 1 Bermani Ulu  pada tahun 2013/2014.
E.       HASIL YANG DIHARAPKAN
1.       Mampu melahirkan SDM yang memiliki keimanan, ketaqwaan, berkualitas, kompetitif, berdedikasi, mandiri dan profesional.
2.       Mampu meningkatkan prestasi siswa sesuai bakat dan minat siswa
3.       Mampu meningkatkan pelayanan pendidikan kepada siswa melalui jalur pembinaan penyelamatan siswa dari bahaya perilaku menyimpang di kalangan siswa dan jalur pemberdayaan potensi diri.




BAB II
URAIAN DAN MEKANISME PEMBINAAN KESISWAAN


A.     PROGRAM PEMBINAAN  OSIS
1.       Pengertian
Satu-satunya wadah organisasi siswa di sekolah untuk mencapai tujuan pembinaan dan pengembangan kesiswaan adalah Organisasi Intra Sekolah disingkat OSIS. OSIS bersifat intra sekolah, artinya tidak ada hubungan organisatoris dengan OSIS di sekolah lain, dan tidak menjadi Bagian dari organisasi lain yang ada di luar sekolah. Karena OSIS merupakan wadah organisasi siswa di sekolah. Oleh karena itu setiap siswa secara otomatis menjadi anggota OSIS. Keanggotaan itu secara otomatis berakhir dengan keluarnya siswa dari sekolah yang bersangkutan.
2.       Tujuan
Organisasi ini bertujuan mempersiapkan siswa sebagai kader penerus cita-cita perjuangan bangsa dan sumber insani pembangunan nasional, untuk :
a.       Mengembangkan potensi siswa secara optimal dan terpadu yg meliputi bakat, minat, dan kreativitas;
b.      Memantapkan kepribadian siswa untuk mewujudkan ketahanan sekolah sebagai lingkungan pendidikan sehingga terhindar dariusaha dan pengaruh negatif dan bertentangan dengan tujuan pendidikan;
c.       Mengaktualisasikan potensi siswa dalam pencapaian prestasi unggulan sesuai bakat dan minat;
d.      Menyiapkan siswa agar menjadi warga masyarakat yang berakhlak mulia, demokratis, menghormati hak-hak asasi manusia dalam rangka mewujudkan masyarakat madani (civil society).
(Permendiknas No 39 Tahun 2008, Bab I pasal 1)
3.       Materi Pembinaan
Materi pembinaan kesiswaan (OSIS) mencakup :
a.       Pembinaan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan yang Maha Esa (ibadah, peringatan hari besar, amaliah, hub. Antar umat, lomba nuansa agama, kegiatan keagamaan)
b.      Pembinaan Budi Pekerti Luhur atau Akhlak Mulia (tata tertib & kultur sekolah, gotong royong, tata pergaulan, rela berkorban, hormat/menghargai, 9K)
c.       Pembinaan Kepribadian Unggul, wawasan kebangsaan, dan bela Negara (Upacara, lomba TUB, lagu wajib, PS, Pramuka, bela negara)
d.      Pembinaan Prestasi akademik,seni, dan/atau olahraga sesuai bakat dan minat (OSN, KIR, penyuluhan narkoba, pentas seni, mading, membentuk klub sains, Seni & OR, menyelenggarakan festival, dll)
e.      Pembinaan Demokrasi, hak asasi manusia, pendidikan politik, lingkungan hidup,kepekaan dan toleransi sosial dalam konteks masyarakat plural. (pemilihan pengurus OSIS/MPK, mengadakan LDK, pelaksanaan MOS)
f.        Pembinaan kreativitas, keterampilan dan kewirausahaan (pelatihan MC, broadcasting, jurnalistik)
g.       Pembinaan kualitas jasmani, kesehatan dan gizi berbasis sumber gizi yang terdiversivikasi. (Kantin bersih dan sehat, pemberantasan sarang nyamuk, penyuluhan bahaya narkoba, lomba poster anti narkoba)
h.      Sastra dan budaya (kegiatan bulan bahasa, theater, lomba baca puisi/cerpen, pelatihan webblog)
i.         Pembinaan teknologi dan informatika / TIK (lomba design weblog, lomba weblog budaya, musik, game online)
j.        Pembinaan komunikasi dalam bahasa Inggris (lomba debat/pidato/korespondensi/menulis cerita dalam bahasa Inggris)
4.       Perangkat OSIS
Perangkat OSIS terdiri dari :
a.       Pembina OSIS
b.      Perwakilan kelas
c.       Pengurus OSIS
d.       Anggota OSIS
1)       Anggota OSIS secara otomatis adalah siswa yang masih aktif belajar pada sekolah yang bersangkutan
2)       Anggota OSIS tidak memerlukan kartu anggota
3)       Keanggotan berakhir apabila siswa yang bersangklutan tidak menjadi siswa lagi di sekolah tersebut, ata meninggal dunia
4)       Setiap anggota mempunyai hak : mendapat perlakuan yang sama sesuai bakat, minat dan kemampuannya
5)       memilih dan dipilih sebagai perwakilan kelas atau pengurus.
6)       Bicara secara lisan maupun tertulis.

5.       Syarat Pengurus OSIS
a.       Takwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa
b.      Mermiliki budi pekerti luhur dan sopan santun terhadap orang tua, guru, dan teman
c.       Memiliki bakat sebagai pemimpin siswa
d.      Memiliki  kemauan, kemampuan, dan pengetahuan yang memadai
e.      Dapat mengatur waktu dengan sebaik-baiknya,sehingga pelajarannnya tidak terganggu karena menjadi pengurus OSIS
f.        Pengurus dicalonkan oleh perwakilan kelas
g.       Khusus untuk ketua OSIS , ditambah persyaratan :
h.      Mempunyai kemampuan berpikir yang jernih
i.         Memiliki wawasan mengenai kondisi yang sedang dihadapi bangsanya.
j.        Tidak duduk di kelas terakhir, karena akan menghadapi ujian Nasional.



GARIS-GARIS BESAR FUNGSIONARIS, DASAR POKOK KEGIATAN OSIS
SMA N 1 BERMANI ULU
MASA BAKTI 2013/2014

Adapun dasar pokok kegiatan  yang pengurus OSIS adalah sebagai berikut :
1.       Ketua
a.       Berusaha memimpin dan mengkoordinasi organisasi dengan baik dan benar.
b.      Memberikan keputusan serta kebijaksanaan dalam penyelesaian suatu permasalahan dengan jalan musyawarah dengan seluruh pengurus.
c.       Memperkuat komunikasi dan informasi baik dengan pembina ataupun dengan para pengurus, demi berjalannya semua program kerja yang sudah dirumuskan sebelumnya.
d.      Membuat laporan pertanggung jawaban kerja setiap akhir bulan yang akan dikumpulkan pada akhir tahun.
2.       Wakil Ketua 1 dan 2
a.       Menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab dan konsekuen.
b.      Membantu Ketua dalam memutuskan suatu kebijaksanaan dan keputusan yang berhubungan dengan keorganisasian.
c.       Membuat laporan pertanggung jawaban kerja setiap akhir bulan yang akan dikumpulkan pada akhir tahun.
3.       Sekretaris 1 dan Sekretaris 2
a.       Membantu serta memberikan dukungan motivasi kepada ketua dan wakil dalam pelaksanaan tugasnya dengan cara memberikan masukan ide, gagasan serta saran yang membantu jalannya tugas tersebut, khususnya yang berhubungan dengan bidang kesekretarisan.
b.      Mengumpulkan, menyimpan, menyusun, dan mengetik program kerja setiap seksi bidang, proposal kerja, laporan keuangan, dan laporan pertanggung jawaban OSIS di akhir tahun nanti.
c.       Mengumpulkan, menyimpan, serta mengamankan arsip dan data- data OSIS yang ada dengan baik dan benar.
d.      Memiliki lemari arsip dan seperangkat komputer agar dapat menjalankan tugas kesekretarisan dengan baik dan benar.
e.      Bekerja sama dengan bendahara khususnya dan tiap seksi bidang umumnya dalam penyusunan dan pengetikan setiap laporan yang harus dibuat.
f.        Membuat laporan pertanggung jawaban kerja setiap akhir bulan yang akan dikumpulkan pada akhir tahun.
g.       Mendukung secara penuh setiap program kerja dan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh OSIS.
4.       Bendahara 1 dan Bendahara 2
a.       Membantu dan memberikan dukungan motivasi kepada ketua dan wakil dalam pelaksanaan tugasnya, khususnya yang berhubungan dengan bidang keuangan.
b.      Menyusun semua pengeluaran uang yang akan digunakan untuk keperluan OSIS dalam jangka satu tahun dengan baik dan benar.
c.       Bekerja sama dengan sekretaris dalam penyusunan proposal dan laporan keuangan OSIS.
d.      Bekerja sama pula dengan setiap seksi bidang dalam pemenuhan dana untuk keperluan kegiatan-kegiatan yang akan diselenggarakan oleh OSIS .
e.      Membuat laporan pertanggung jawaban kerja setiap akhir bulan yang akan dikumpulkan pada akhir tahun.
5.       Seksi Pembinaan keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, antara lain :
a.       Melaksanakan peribadatan sesuai dengan ketentuan agama masing-masing;
b.      Memperingati hari-hari besar keagamaan;
c.       Melaksanakan perbuatan amaliah sesuai dengan norma agama;
d.      Membina toleransi kehidupan antar umat beragama;
e.      Mengadakan kegiatan lomba yang bernuansa keagamaan;
f.        Mengembangkan dan memberdayakan kegiatan keagamaan di sekolah.
6.       Seksi Pembinaan budi pekerti luhur atau akhlak mulia, antara lain :
a.       Melaksanakan tata tertib dan kultur sekolah;
b.      Melaksanakan gotong royong dan kerja bakti (bakti sosial);
c.       Melaksanakan norma-norma yang berlaku dan tatakrama pergaulan;
d.      Menumbuhkembangkan kesadaran untuk rela berkorban terhadap sesama;
e.      Menumbuhkembangkan sikap hormat dan menghargai warga sekolah;
f.        Melaksanakan kegiatan 7K (Keamanan, kebersihan, ketertiban, keindahan, kekeluargaan, kedamaian dan kerindangan).
7.       Seksi Pembinaan kepribadian unggul, wawasan kebangsaan, dan bela negara, antara lain :
a.       Melaksanakan upacara bendera pada hari senin dan /atau hari sabtu, serta hari-hari besar nasional;
b.      Menyanyikan lagu-lagu nasional (Mars dan Hymne);
c.       Melaksanakan kegiatan kepramukaan;
d.      Mengunjungi dan mempelajari tempat-tempat bernilai sejarah;
e.      Mempelajari dan meneruskan nilai-nilai luhur, kepeloporan, dan semangat perjuangan para pahlawan;
f.        Melaksanakan kegiatan bela negara;
g.       Menjaga dan menghormati simbol-simbol dan lambang-lambang negara;
h.      Melakukan pertukaran siswa antar daerah dan antar negara.
8.       Seksi Pembinaan prestasi akademik, seni, dan/atau olahraga sesuai bakat dan minat, antar lain :
a.       Mengadakan lomba mata pelajaran/program keahlian;
b.      Menyelenggarakan kegiatan ilmiah;
c.       Mengikuti kegiatan workshop, seminar, diskusi panel yang bernuansa ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek);
d.      Mengadakan studi banding dan kunjungan (studi wisata) ke tempat-tempat sumber belajar;
e.      Mendesain dan memproduksi media pembelajaran;
f.        Mengadakan pameran karya inovatif dan hasil penelitian;
g.       Mengoptimalkan pemanfaatan perpustakaan sekolah;
h.      Membentuk klub sains, seni dan olahraga;
i.         Menyelenggarakan festival dan lomba seni;
j.        Menyelenggarakan lomba dan pertandingan olahraga.
9.       Seksi Pembinaan demokrasi, hak asasi manusia, pendidikan politik, lingkungan hidup, kepekaan dan toleransi sosial dalam konteks masyarakat plural, antara lain :
a.       Memantapkan dan mengembangkan peran siswa di dalam OSIS sesuai dengan tugasnya masing-masing;
b.      Melaksanakan latihan kepemimpinan siswa;
c.       Melaksanakan kegiatan dengan prinsip kejujuran, transparan, dan profesional;
d.      Melaksanakan kewajiban dan hak diri dan orang lain dalam pergaulan masyarakat;
e.      Melaksanakan kegiatan kelompok belajar, diskusi, debat dan pidato;
f.        Melaksanakan kegiatan orientasi siswa baru yang bersifat akademik dan pengenalan lingkungan tanpa kekerasan;
g.       Melaksanakan penghijauan dan perindangan lingkungan sekolah.
10.   Seksi Pembinaan kreativitas, keterampilan dan kewirausahaan, antara lain :
a.       Meningkatkan kreativitas dan keterampilan dalam menciptakan suatu barang menjadi lebih berguna;
b.      Meningkatkan kreativitas dan keterampilan di bidang barang dan jasa;
c.       Meningkatkan usaha koperasi siswa dan unit produkdsi;
d.      Melaksanakan praktek kerja nyata (PKN)/pengalaman kerja lapangan (PKL)/praktek kerja industri (Prakerim);
e.      Meningkatkan kemampuan keterampilan siswa melalui sertifikasi kompetensi siswa berkebutuhan khusus;
11.   Seksi Pembinaan kualitas jasmani, kesehatan dan gizi berbasis sumber gizi yang terdiversifikasi antara lain :
a.       Melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat;
b.      Melaksanakan usaha kesehatan sekolah (UKS);
c.       Melaksanakan pencegahan penyalahgunaan narkotika, psikotropika, dan zat adiktif (narkoba), minuman keras, merokok, dan HIV AIDS;
d.      Meningkatkan kesehatan reproduksi remaja;
e.      Melaksanakan hidup aktif;
f.        Melakukan diversifikasi pangan;
g.       Melaksanakan pengamanan jajan anak sekolah.
12.   Seksi Pembinaan sastra dan budaya, antara lain :
a.       Mengembangkan wawasan dan keterampilan siswa di bidang sastra;
b.      Menyelenggarakan festival/lomba, sastra dan budaya;
c.       Meningkatkan daya cipta sastra;
d.      Meningkatkan apresiasi budaya.
13.   Seksi Pembinaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), antara lain :
a.       Memanfaatkan TIK untuk memfasilitasi kegiatan pem-belajaran;
b.      Menjadikan TIK sebagai wahana kreativitas dan inovasi;
c.       Memanfaatkan TIK untuk meningkatkan integritas kebangsaan.
14.   Seksi Pembinaan komunikasi dalam bahasa Inggris, antara lain :
a.       Melaksanakan lomba debat dan pidato;
b.      Melaksanakan lomba menulis dan korespodensi;
c.       Melaksanakan kegiatan English Day;
d.      Melaksanakan kegiatan bercerita dalam bahasa Inggris (Story Telling);
e.      Melaksanakan lomba puzzles words/scrabble.



PROGRAM KERJA SEKSI BIDANG OSIS

1.       Seksi Bidang Keimanan dan Ketaqwaan terhadap Tuhan yang Maha Esa
a.       Melaksanakan peribadatan sesuai dengan agamanya masing-masing.
b.      Memperingati hari-hari besar keagamaan, dengan kegiatan lomba.
c.       Melaksanakan perbuatan amaliah sesuai dengan norma agama.
d.      Melaksanakan dan meningkatkan kegiatan pengajian dan sholat Jumat dan Zuhur bersama setiap dua mingu sekali pada hari Jumat.
e.      Membentuk tim Nasyid dan Rebana.
f.        Melaksanakan kegiatan pesantran ramadhan dan safari ramadhan.
g.       Meminta infak dan sodakoh secara sukarela kepada siswa-siswi setiap satu atau dua minggu sekali.
h.      Melaksanakan sholat istighasah menjelang UAS, dan UN.

2.       Bidang Kepribadian dan Budi Pekerti Luhur
a.      Melakukan kegiatan jaga siaga setiap Upacara Bendera dan setiap terdapat acara-acara tertentu seperti, gerak jalan, ataupun penanganan setiap terdapat siswa yang sakit di sekolah.
b.      Berperan aktif dalam penertiban terhadap pelanggaran atau tindakan-tindakan negatif yang dilakukan oleh siswa SMA Negeri 1 Bermani Ulu.
c.       Berupaya melaksanakan tata krama siswa dan menegur siswa yang tidak bertata krama.
d.      Mengadakan penertiban dalam berpakaian yang rutin dilaksanakan setiap hari Senin, pada setiap upacara bendera.
e.       Mengadakan Bakti Sosial setahun sekali.
f.       Mengadakan Kerja Bakti di sekitar sekolah.
g.      Memperingati hari guru dan hari anti korupsi.
h.      Menjenguk teman yang sakit/meninggal.
i.        Memberikan bantuan terhadap korban bencana alam.
j.        Mengadakan lomba kebersihan dan kerapian kelas.
k.      Mengadakan diskusi atau penyuluhan tentang kenakalan remaja.
l.        Mengadakan penyuluhan tentang narkoba.
m.    Memeriksa kaos kaki, bad, dasi, sepatu, dan pakaian siswa pada saat sebelum diadakan upacara bendera.
n.      Menyalin catatan pelanggaran siswa ke dalam buku muhasabah.
3.       Bidang Kepribadian Unggul, Wawasan dan Bela Negara
a.      Mengadakan Lomba Ketertiban antar kelas pada saat Upacara.
b.      Memperingati hari-hari besar nasional atau hari bersejarah.
c.       Mengharumkan nama sekolah baik dimata anggota sekolah, masyarakat umum, maupun sekolah lain.
d.      Menjaga keamanan sekolah, dan menjalankan tata tertib yang telah berlaku atau diterapkan.
e.       Mengadakan kegiatan lomba dalam memperingati hari-hari besar. Seperti mengadakan lomba baris-berbaris, jalan sehat, balap karung, dan lainnya untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia. (Bekerja sama dengan seksi bidang ke- 4 dan 7).
f.       Memilih siswa-siswi terapi, terdisiplin, dan berprestasi.
g.      Mengkoordinir pelaksanaan upacara pengibaran Bendera setiap hari Senin di SMAN 1 Bermani Ulu.
h.      Penempelan tata tertib sekolah serta Hak dan Kewajiban siswa disetiap kelas di SMAN 1 Bermani Ulu.
i.        Melaksanakan pengibaran bendera tanggal 17 Agustus 2012 oleh PASKIBRA SMAN 1 Bermani Ulu di desa/kecamatan.
j.        Mengusahakan perbaikan peralatan upacara.
k.      Mengadakan Upacara di hari-hari besar Nasional.
l.        Mengikuti dan mengadakan Lomba Pramuka.

4.       Bidang Prestasi Akademik, Seni dan Olahraga
a.      Membuat pertamanan sekolah.
b.      Membentuk tim SAINS dan SOSIAL SMA.
c.       Mengadakan kegiatan penghisan kelas oleh anggota kelasnya masing-masing.
d.      Mengadakan kegiatan pertunjukan pentas seni hasil karya siswa.
e.       Mengikuti acara-acara dalam bidang seni yang diselenggarakan oleh sekolah lain.
f.       Mengikuti perlombaan yang berhubungan dengan seni musik, seni tari, dan seni drama.
g.      Pemberian materi(sosialisasi) tentang dasar tata cara penulisan yang baik dan benar kepada siswa yang dapat diikuti oleh seluruh siswa yang penyelenggaraannya setahun sekali.
5.       Bidang Demokrasi, HAM, Pendidikan Politik, Lingkungan Hidup,  Kepekaan, dan Toleransi Sosial Dalam Konteks Masyarakat Plural
a.      Mengadakan lomba pembuatan artikel dengan tema yang telah ditentukan dalam rangka memperingati bulan Bahasa, di mana pemenang artikel akan dimasukkan artikelnya di majalah sekolah.
b.      Melakukan kegiatan-kegiatan penanaman pohon di area sekolah maupun aktif dalam kegiatan penanaman pohon di dilakukan pemerintah.
  1. Melaksanakan kegiatan dengan prinsip kejujuran, transparan, dan profesional;
d.      Mengadakan lomba-lomba kebersihan kelas dan lomba-lomba kreasi lainnya yang terkait dengan lingkungan.
6.       Bidang Kreativitas, Keterampilan, dan Kewirausahaan
a.      Membuat kreativitas dari alam yang memiliki nilai ekonomis.
b.      Pembuatan Kalender.
c.       Pembuatan pin OSIS.
7.       Bidang Kualitas Jasmani, Kesehatan, dan Gizi Terdiversifikasi
a.      Melaksankan kegiatan senam jasmani atau jalan sehat setiap dua minggu sekali yang akan diadakan pada hari Jumat.
b.      Mengadakan penyuluhan gizi, dan kesehatan.
c.       Mengadakan kegiatan lomba saat class meeting.
d.      Lomba kebersihan antar kelas.
e.       Lomba membuat Slogan Anti Narkoba.
f.       Mengadakan pertandingan persahabatan dengan sekolah lain.
g.      Pemisahan dan daur ulang sampah kertas menjadi barang yang bermanfaat dan berguna.
h.      Membuat poster dan  kording  tentang HIV/AIDS dan narkoba.
i.        Menyusun artikel dan kliping tentang HIV/AIDS dan narkoba.
j.        Pembinaan dan pelatihan kader pelaksana UKS.
k.      Pelayanan dan pembinaan UKS.
l.        Mengadakan layanan konseling pada siswa.
m.    Ceramah kesehatan tentang  jenis penyakit.
8.       Bidang Pemberdayaan Bahasa, Sastra, dan Budaya
a.      Membudayakan salam, sapa, senyum di lingkungan sekolah.
  1. Menyisipkan lomba atau event yang berhubungan dengan budaya dan sastra pada setiap kegiatan sekolah.
  2. Mendukung program sekolah dalam menerbitkan majalah sekolah.
  3. Memperingati hari Kartini dengan kegiatan yang berhubungan dengan budaya dan sastra.
  4. Membudayakan dekorasi ruang kelas.
  5. Memperingati hari Batik Nasional.
  6. Mengadakan Lomba Bulan Bahasa
  7. Meningkatkan dan mengefisiensikan kegiatan ENGLISH DAY
  8. Mengadakan even Festival Drama.
  9. Lomba Puisi dan Tutur Cerita Rakyat.
9.       Bidang TIK
a.       Bekerjasama dengan Sekbid VI membuat Blog Koperasi Sekolah.
  1. Mencari bakat siswa/i dalam bidang ilmu teknologi.
  2. Memanfaatkan TIK untuk meningkatkan integritas kebangsaan.
d.      Mengelola blog OSIS dan jejaring sosial.
e.      Mengembangan pengetahuan dan kemampuan mengenai ilmu komputer.
10.   Bidang Komunikasi Dalam Bahasa Inggris
  1. English day and Appreciation for the Most Active Student in English day.
  2. Perlombaan Membuat Poster Berbahasa Inggris.
  3. Melaksanakan kegiatan berceritera dalam bahasa Inggris (Story Telling);
  4. English Debate.
  5. Mengarang dalam bahasa Inggris.





Rincian Tugas Pengurus OSIS

1.      Bertugas menyusun dan melaksanakan program kerja OSIS sesuai dengan AD ART
2.      Menyampaikan laporan pertangungjawaban kepada rapat perwakilan kelas pada akhir masa jabatannya.
3.      Bertanggung jawab langsung kepada perwakilan kelas dan pembina OSIS.
4.      Mempunyai masa kerja selama satu tahun pelajaran.



BAB III
PENUTUP

Demikian Program Kerja Pembinaan Kesiswaan yang merupakan upaya program Pengembangan Potensi Diri Siswa di SMA  NEGERI I Bermani Ulu tahun pelajaran 2013/2014 dengan harapan dapat terlaksana sesuai dengan tujuan dan target yang diharapkan.
Program Kerja ini tidak mungkin bisa terlaksana tanpa adanya dukungan dari semua pihak. Oleh karena itu upaya pemahaman terhadap program kerja ini dapat diupayakan secara maksimal demi terwujudnya Visi dan Misi SMA  NEGERI I Bermani Ulu.



Pembina OSIS



ALI IMRAN, SE
NIP. 19751120 200604 1 005
Ketua OSIS



Aji Ridho Pangestu
NISN. 9976278225

Mengetahui
Kepala Sekolah
SMA NEGERI 1 BERMANI ULU



Pujihastuti, S.Pd
NIP. 19681207 199203 2 002

Tidak ada komentar:

Posting Komentar